Selasa, 24 Mei 2016

Tulisan 2_SS_AHDE_Upacara Adat Indonesia

ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI

Nama : Andreas Valentinus
Npm   : 21214137

UNIVERSITAS GUNADARMA

Upacara Adat Rambu Solo' (Upacara Pemakaman) – Toraja



RambuSolo dalah upacara adat kematian masyarakat Toraja yang bertujuan untukmenghormati dan menghantarkan arwah orang yang meninggal dunia menuju alam roh,yaitu kembali kepada keabadian bersama para leluhur mereka di sebuah tempatperistirahatan. Upacara ini sering juga disebut upacara penyempurnaan kematiankarena orang yang meninggal baru dianggap benar-benar meninggal setelah seluruhprosesi upacara ini digenapi. Jika belum, maka orang yang meninggal tersebuthanya dianggap sebagai orang sakit atau lemah, sehingga ia tetap diperlakukanseperti halnya orang hidup, yaitu dibaringkan di tempat tidur dan diberihidangan makanan dan minuman bahkan selalu diajak berbicara.
Puncak dari upacara Rambu solo ini dilaksanakandisebuah lapangan khusus. Dalam upacara ini terdapat beberapa rangkaian ritual,seperti proses pembungkusan jenazah, pembubuhan ornament dari benang emas danperak pada peti jenazah, penurunan jenazah ke lumbung untuk disemayamkan, danproses pengusungan jenazah ke tempat peristirahatan terakhir.
Selain itu, dalam upacara adat ini terdapatberbagai atraksi budaya yang dipertontonkan, diantaranya adu kerbau,kerbau-kerbau yang akan dikorbankan di adu terlebih dahulu sebelum disembelih,dan adu kaki. Ada juga pementasan beberapa musik dan beberapa tarian Toraja.
Kerbau yang disembelih dengan cara menebas leherkerbau hanya dengan sekali tebasan, ini merupakan ciri khas masyarakat TanaToraja. Kerbau yang akan disembelih bukan hanya sekedar kerbau biasa, tetapikerbau bule Tedong Bonga yang harganya berkisar antara 10 50 jutaatau lebih per ekornya.
Upacara kematian ini bisa berlangsung selama 7 hari kurang lebih bergantung kepada kesepakatan keluarga. Tahap yang terakhir dari upacara kematian ini adalah mengantarkan jenazah menuju tempat pemakaman yang telah ditetapkan, biasanya diletakkan di dalam sebuah gua atau batuan besar yang memang sudah dibolongkan untuk dimasukan peti. Semakin tinggi kasta seseorang maka letak petiknya akan semakin sulit dijangkau, bisa dibagian paling atas batu atau kalau itu sebuah gua berarti ia diletakkan di tebing tertinggi. Mengapa demikian? Karena dahulu kala orang yang memilki kasta tinggi ini, biasanya selain berisikan jenazah petinya juga berisikan berbagai macam perhiasan dan emas berharga. Lebih lanjut, seseorang yang tergolong dalam kasta tinggi biasanya juga dibuatkan sebuah patung pahatan dirinya.
SUMBER :
http://hasanuddin-airport.co.id/detail/wisata/upacara-adat-rambu-solo039-upacara-pemakaman--toraja
ANALISIS :
Menurut pendapat saya,Upacara adat di Indonesia sangatlah beragam contoh nya upacara adat di Tanah Toraja yang di kenal dengan nama Upacara Adat Rambu solo ini. Upacara adat Rambu solo khas Tanah Toraja ini merupakan upacara Penghormatan Bagi para Leluhur atau keluarga yang sudah Meninggal dunia yang bertujuan untuk menghormati segala jasa nya selama hidup nya.Upacara seperti ini perlu di lestarikan karena merupakan budaya khas Indonesia Tanah tercinta kita!


1 komentar: