Senin, 23 Mei 2016

Tugas 3_SS_AHDE_May Day

ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI

Nama : Andreas Valentinus
Npm   : 21214137

UNIVERSITAS GUNADARMA
MAYDAY/HARI BURUH
Sejarah Singkat Hari Buruh atau May Day
Perjuangan buruh untuk memperoleh kesejahteraan memang telah memiliki sejarah yang panjang. Bahkan sejak kapitalisme industri berkembang di abad 19, buruh telah memperjuangkan haknya. 

Tetapi kenapa hari buruh diperingati setiap 1 Mei?

Secara singkat, peringatan Hari Buruh dipicu pada peristiwa kerusuhan Haymarket di Chicago, Illinois pada 4 Mei 1886. Kerusuhan itu diawali dengan demonstrasi sekitar 400.000 buruh di AS yang menuntut pengurangan jam kerja mereka menjadi 8 jam sehari pada 1 Mei 1886.

Pada tanggal 4 Mei 1886. Para Demonstran melakukan pawai besar-besaran, Polisi Amerika kemudian menembaki para demonstran tersebut sehingga ratusan orang tewas dan para pemimpinnya ditangkap kemudian dihukum mati. Para buruh yang meninggal dikenal sebagai martir. Sebelum peristiwa 1 Mei itu, di berbagai negara, juga terjadi pemogokan-pemogokan buruh untuk menuntut perlakukan yang lebih adil dari para pemilik modal.

Tiga tahun setelah peristiwa itu, pada bulan Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris menetapkan peristiwa di AS tanggal 1 Mei itu sebagai hari buruh sedunia. Di kongres itu juga menelurkan resolusi berisi:

"Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu dimana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional Perancis."

Resolusi ini mendapat sambutan yang hangat dari berbagai negara dan sejak tahun 1890. Hingga akhirnya 1 Mei, yang diistilahkan dengan May Day, diperingati oleh kaum buruh di berbagai negara, meskipun mendapat tekanan keras dari pemerintah.

Tuntutan Buruh Saat May Day 2016

Hari Buruh Internasional atau yang dikenal dengan May Day pada 1 Mei 2016 akan di‎peringati dengan aksi besar-besaran di sejumlah daerah, termasuk Jakarta. Ada sejumlah isu yang akan diangkat buruh saat menyampaikan aspirasinya nanti.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan isu besar yang akan diangkat pada perayaan May Day adalah penolakan megaproyek reklamasi pantai dan penggusuran yang marak terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Sebab, hal itu sangat berdampak pada nasib para pekerja.

"Tuntutan ini sangat penting bagi kami. Reklamasi ini telah menghilangkan mata pencarian masyarakat setempat, terutama para nelayan dan buruh pelabuhan," ucap Said di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (29/4/2016).

Selain itu, buruh juga menolak pengusuran yang dinilai tidak manusiawi. Menurut Said, penolakan terhadap penggusuran secara paksa merupakan isu bersama.

"Isu kaum miskin kota, petani, nelayan, dan buruh sudah saatnya menjadi isu bersama. Tidak sedikit kaum buruh menjadi korban penggusuran tanpa dialog,"

Momentum May Day juga dimanfaatkan kaum buruh untuk menolak Rancangan Undang-Undang Tax Amnesti. Mereka menilai penerapan UU Tax Amnesti justru mencederai para buruh dan kaum kecil. Sebab, para buruh selama ini taat membayar pajak.

‎"Bagi buruh itu mencederai rasa keadilan, upah ditekan murah tapi di sisi lain orang-orang kaya pengemplang pajak malah diampuni. Ini sangat tidak adil," ucap Said.

Isu-isu lain yang akan diusung dalam aksi nanti adalah terkait upah kecil yang diterima para buruh di Indonesia. Selain itu, mereka juga mendesak agar pemerintah mengambil sikap terhadap PHK terhadap buruh.

"Dan yang terakhir, kami mengecam tindakan kriminalisasi terhadap buruh. Seperti penangkapan terhadap kawan-kawan kita yang tempo hari menggelar aksi di depan Istana Merdeka,"

Sumber:

http://news.liputan6.com/read/2495759/tuntutan-buruh-saat-may-day-2016

http://www.galamedianews.com/bandung-raya/20645/sejarah-singkat-hari-buruh-atau-may-day.html

ANALISIS:

Menurut pendapat saya,Hari buruh sedunia/Mayday memang merupakan sesuatu hal yang penting,terkait dengan hak hak social maupun ekonomi yang menjadi pokok hidup setiap masyarakat khususnya kaum buruh.Hak yang di berikan terhadap kaum buruh untuk Menunjukan aspirasi nya harus kita apresiasi karena pada kenyataannya Buruh di Indonesia memiliki banyak kekurangan yang tidak sebanding dengan pekerjaan yang mereka lakukan.Aspirasi kaum buruh perlu kita maklumi karena mereka menuntut hak hak mereka yang belum terpenuhi,Demikian lah mengapa setiap tahun May day selalu ada.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar